Selasa, 13 Agustus 2013

MODEL & BENTUK TERAS RUMAH



Dalam sebuah bangunan teras menjadi bagian penting dari tempat tinggal (rumah) selain berfungsi sebagai penyambung ruangan satu dengan ruangan yang lain. Teras rumah juga berfungsi sebagai menempatkan pot, tempat bermain untuk anak-anak,tempat berkumpul dengan tetangga dan juga sebagai ruang menyambut tamu,  selain berada di bagian depan rumah teras juga bisa berada dimana saja seperti dibagian belakang ,samping maupun didepan rumah sesuai yang dinginkan pemiliknya.
Berdasarkan letaknya teras rumah dapat dibagi menjadi tiga macam:
1. Teras bagian depan rumah
Karena letaknya di depan rumah, teras rumah merupakan bagian depan yang menghubungkan penghuni rumah dan halaman rumah. Bagi rumah yang tidak terlalu luas teras yang dimiliki hanyalah teras bagian depan rumah saja. Sebagai penyambung rumah dengan halaman rumah teras depan juga bisa kita gunakan sebagai ruang umum penyambut tamu atau dapat juga dijadikan sebagai ruang tamu. Anda bias menempatkan sepasang kursi dan meja diteras depan rumah untuk menyambut tamu.
2. Teras samping rumah
Selain teras depan rumah anda bisa memilih model teras yang terletak pada bagian samping rumah. Pada umumnya teras model ini dimiliki oleh rumah yang berukuran sedang. Selain sebagai tempat menyalurkan hobi seperti kandang burung, buat kolam ikan dan tanaman hias, teras samping rumah juga biasanya digunakan sebagai ruang privat dan tempat bersantai keluarga.

3. Teras belakang rumah
Pada umumnya teras belakang rumah hanya dimiliki pada rumah yang berrukuran luas saja. Selain bersifat lebih privat kegunaan tersa belakang rumah hampir sama dengan teras samping rumah, sebagai tempat meyalulkan hoby dan kadang-kadang di pakai sebagai tempat beraktivitas seperti olahraga, fitness ataupun yoga. Teras belakang rumah juga sering di fungsikan sebagai tempat dimana anda bisa mengadakan acara berkumpul keluarga yang bersifat privat seperti,pesta kebun dan lain-lain. Tak hanya bisa dijadikan tempat mengadakan pesta teras belakang juga kadang juga di lengkapi dengan kolam renang keluarga.

selain tiga macam teras diatas yag bisa anda pilih, anda juga bisa menentukan teras rumah minimalis sesuai dengan keinginan anda.

Dengan pemilihan Teras rumah minimalis  dapat merubah tampilan rumah anda terutama bagi rumah lama. teras minimalis juga merupakan bagian yang paling sering di renovasi, untuk itu dalam merenovasi teras rumah anda cobalah gunakanlah kosep teras rumah minimalis, karena konsep teras yang minimalis dapat mengubah tampilan rumah lama anda  menjadi lebih indah dan menampilkan kesan yang minimalis.
Bagaimanakah caranya menentukan desain/bentuk dari teras rumah minimalis yang cocok untuk rumah anda? Degan mencari referensi-referensi tentang desain teras rumah ataukah contoh-contoh teras yang bisa anda tiru atau di jadikan inspirasi. Dan anda juga harus memperhatikan karakter rumah anda secara keseluruhan. Perhatikan juga lahan, luas rumah dan model yang tesedia untuk teras, hingga anda bisa membayangkan bentuk dan model yang cocok untuk teras rumah anda. Sebelum melakuan pengerjaan teras, sebaiknya anda memahami dulu karakter rumah anda. Dengan konsep yang tak dipikirkan secara matang dapat menimbulkan teras rumah menjadi indah dikarenakan konsep teras rumah yang salah.
Pada pemilihan warna pada teras rumah dengan bahan marmer usahakanlah anda memilih warna marmer teras yang bisa dipadu padankan dengan warna dinding rumah anda. Pertimbangkan juga keuntungan dan kerugian dari warna tertentu. Misalnya pemilihan warna marmer cerah akan cepat kelihan lebih kotor ketimbang marmer yang berwarna gelap.  Dan apabila anda ingin rumah anda kelihatan lebih cerah pilihlah warna krem atau putih untuk warna teras rumah anda.

referensi : desain hunian sederhana | desain huni sederhana | desain rumah sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar